RPP MICRO IPA
RENCANA PELAKSANAAN PENDIDIKAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri 001 Tembilahan Hulu
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : III (Tiga) / 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami Kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
II.
Kompetensi Dasar
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat berdasarkan pengamatan.
III.
Indikator
Membedakan kondisi
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membedakan kondisi lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin (Discipline), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery).
V.
Materi Pokok
v IPA
Makhluk hidup tidak bisa lepas dari lingkungan. Lingkungan
adalah keadaan di sekitar kita atau tempat di mana kita hidup. Keadaan atau
kondisi lingkungan dibedakan menjadi dua macam, yaitu lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat. Lingkungan sekitar sangat mempengaruhi kesehatan kita.
Lingkungan sehat sangat kita harapkan. Sedangkan lingkungan tidak sehat harus
kita hindari.
ciri –ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat.
Lingkungan Sehat :
o
Udara yang segar, sejuk, bersih dan tidak berbau.
o
Tidak ada sampah yang berserakan.
o
Pengaturan tempat yang baik.
o
Adanya tumbuhan hijau yang mengisi lingkungan sekitar.
o
Adanya hewan yang bersih dan terpelihara dengan baik.
Lingkungan tidak sehat :
o Udara terasa pengap, dan
berbau tidak sedap.
o Banyak sampah yang
berserakan dan menimbulkan bau tidak sedap.
o Pengaturan tempat yang
tidak tertata rapi.
o Tidak ada saluran air
sehingga ada genangan air yang menyebabkan lembab dan aliran tidak lancer.
o Lingkungan terasa gersang
dan panas. Karena tidak ada tumbuhan
o
Memelihara hewan tetapi tidak terawat dengan baik.
VI.
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran Langsung.
VII.
Metode Pembelajaran
Poster
comen
VIII. Kegiatan
Pmbelajaran
a.
Kegiatan
Awal (10 Menit)
v Menarik Perhatian Siswa
· Guru
mengucap salam.
· Guru
mengintruksikan ketua kelas untuk menyiapkan dan berdoa.
· Guru
mengabsen siswa.
v Motivasi
v Menanyakan
kepada siswa apakah siap untuk belajar.
v Apresepsi
v Mengulang
sekilas materi minggu lalu.
v Acuan
·
Menyampaikan judul
pembelajaran.
b.
Kegiatan
Inti (45 Menit)
v Mengamati
·
Guru memperlihatkan
media gambar tentang gambar lingkungan sehat dan tidak sehat kemudian meminta masing-maasing siswa untuk mengamati gambar tersebut.
·
Sambil menunggu siswa
mengamati gambar yang ditempel dipapan tulis guru mengelilingi siswa untuk
melihat seberapa jauh siswa mengamati gambar tersebut.
v Bertanya
·
Guru mengajukan
petanyaan mengenai lingkungan yang ada dimedia.
·
Beberapa Siswa
memberikan argument mengenai pertanyaan dari guru.
v Mengumpulkan Informasi
·
Guru dan siswa melakukan diskusi mengenai media yang ada di papan tulis.
·
Siswa aktif dalam memberikan argumen media yang ada di papan tulis.
v Mengasosiasikan
·
Setelah seluruh informasi diperoleh, maka guru
menggabungkan keseluruhan informasi.
·
Guru membuat ikhtisar.
v Mengkomunikasikan
·
Beberapa siswa diminta menyampaikan materi yang telah dipelajari.
c. Kegiatan Penutup (15
Menit)
·
Guru menarik kesimpulan
·
Guru melakukan refleksi dengan cara memberi pertanyan kepada siswa
tentang materi yang dipelajari
·
Guru melakukan umpan balik dengan cara mempersatukan persepsi siswa
·
Memberikan tugas mengenai materi sebagai memperdalam materi
·
Guru dan siswa mengakhiri pemebelajaran dengan mengucap “Hamdallah”.
IX. Alat dan
Sumber Bahan
v
Sumber
Buku
paket Teguh Purwantari, Ilmu pengetahuan
Alam 3 untuk SD dan MI kelas III, Bogor : BSE, hlm. 40-45.
v Alat
v Spidol
v Papan
tulis
v Penghapus
v Media
v sPoster
/ gambar
X.
Penilaian
Tehnik : Tes
Bentuk : Lisan
Instrumen
soal :Esay
NO
|
BUTIRAN SOAL
|
JAWABAN
|
SKOR
|
|
1.
|
Sebutkan ciri-ciri lingkungan
sehat.
|
Lingkungan
Sehat :
o
Udara
yang segar, sejuk, bersih dan tidak berbau.
o
Tidak
ada sampah yang berserakan.
o
Pengaturan
tempat yang baik.
o
Adanya
tumbuhan hijau yang mengisi lingkungan sekitar.
o
Adanya
hewan yang bersih dan terpelihara dengan baik.
|
50
|
|
2.
|
Sebutkan cirri-ciri lingkungan
tidak sehat.
|
Lingkungan tidak sehat :
o Udara terasa pengap, dan berbau
tidak sedap.
o Banyak sampah yang berserakan dan
menimbulkan bau tidak sedap.
o Pengaturan tempat yang tidak
tertata rapi.
o Tidak ada saluran air sehingga ada
genangan air yang menyebabkan lembab dan aliran tidak lancer.
o Lingkungan terasa gersang dan
panas. Karena tidak ada tumbuhan
o Memelihara hewan tetapi tidak
terawat dengan baik.
|
50
|
|
|
Jumlah Skor
Maksimum
|
|
100
|
|
Mengetahui, Tembilahan,
27 April 2014
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Hasbullah, S.Pd.I Atika
Saputri
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda